Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 09 November 2010

Sejarah "Piala Citra" Dalam Festival Film Indonesia





Festival Film Indonesia (FFI) adalah penghargaan tertinggi untuk industri film di Indonesia. FFI pertama kali diadakan pada tahun 1955 dan dilanjutkan pada tahun 1960 dan 1967 (dengan nama Pekan Apresiasi Film Nasional), sebelum akhirnya diadakan secara berkala mulai tahun 1973.

Mulai pelaksanaan tahun 1979, benih sistem (Nominasi) mulai digunakan. FFI berhenti pada tahun 1992, dan hanya diadakan kembali pada tahun 2004. Dalam perkembangannya, juga diberikan penghargaan untuk film televisi Piala Vidia.

3 nominasi piala baru FFI tahun 2008

Pada tahun 1966 mulai diberikan kepada pemenang penghargaan Piala Citra. Piala Citra FFI digunakan sampai 2007 adalah hasil rancangan seniman patung (Alm) Sidharta. Ketika FFI yang asli diadakan FilmIndonesia Foundation (YFI) diambil alih oleh pemerintah, pada tahun 1979, telah disahkan oleh Menteri Informasi Piala Citra periode, yaitu Ali Murtopo.

Citra sendiri yang berarti 'bayangan' atau 'image', awalnya adalah sebuah puisi oleh Usmar Ismail. Puisi ini kemudian digunakan sebagai lagu karya Cornel Simanjuntak. Berikutnya Usmar Ismail dibuat sebagai film. Dalam tradisi FFI, Citra kemudian dibuat, nama piala sebagai simbol supremasi prestasi tertinggi untuk bidang bioskop.

Sebelumnya, ada beberapa nama disarankan untuk Piala ini, yaitu:

1. Citra (citra wajah)
2. Mayarupa (bayangan terwujud)
3. Kumara (Cahaya Badan)
4. Wijayandaru (Cahaya Kemenangan)
5. Wijacipta (Large Kreatif)
6. Prabangkara (Nama Ahli Sungging Majapahit)
7. Mpu Kanwa (Nama Surat Majapahit)

Pada FFI 2008 menjadi digunakan, bentuk-bentuk baru Piala Citra. Sejumlah seniman, seni rupa dan karya patung membuat desain Piala Citra, dengan memodifikasi desain Piala Citra yang ini benar, Heru S. Sudjarwo, S. Sn (Kordinator), Prof Drs. Yusuf Affendi MA, Drs. H. Dan Hisman Kartakusumah, Indros Sungkowo, dan Bambang Noorcahyo, S.Sn. Desain baru ini akan menjadi simbol bagi semangat baru organisasi FFI Film / Festival Indonesia.

Penghargaan

Dalam setiap organisasi FFI, dibagikan Piala citra untuk 12 kategori, yaitu:

 

* Best Movies Film (Cup Citra Utama)
* Directing the Best
* Best Male Actors Main
* Best Female Main Cast
* Best Male Supporting Actors
* Best Female Supporting Cast
* Best Original Screenplay
* Best Adapted Screenplay
* Playground for Best Cinematography
* Best Editing
* Best Artistic stylist
* Best Sound
* Best Music stylist


kategori lain ada:


* Best Screenplay (last in 2008)
* Best Original Story (the last in 1992)

Selain itu diberikan juga penghargaan Best Dokumenter dan Film Pendek Terbaik. FFI juga sering diberi penghargaan khusus untuk kategori yang berbeda di setiap beroperasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar